Senin, 09 April 2012

Penemu Radio,Telepon, TV dan Telegraf

Beberapa Penemu Teknologi Hebat di Dunia

a. Penemu Radio

 

    Guglielmo Marconi dilahirkan tahun 1874 di Bologna,Itali.
Awalnya pada usia 20 tahun, Marconi membaca percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. percobaan ini dgn gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yg tak tampak oleh mata bergerak lewat mata dgn kecepatan suara.
    Marconi lantas tergugah dgn ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa lewat kawat dan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tak bisa dijangkau oleh telegram. Misalnya berita dikirim ke kapal yang berada ditengah laut.
    Tahun 1895 (setahun kerja keras) berhasil memproduksi peralatan yg diperlukan. 1896 memeragakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi mendirikan perusahaan dan "Marconi" dikirim pertama tahun 1898. Tahun selanjutnya mngirim berita tanp kawat ke selat Inggris  Meskipun patennya yg terpenting diperoleh tahun 1900, Marconi tetap mempatenkan banyak penemuan-penemuannya atas dasar penemuan sendiri. Tahun1902 ia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudra Atlantik dari Inggris ke Newfoundland.

b. Penemu Telepon

 

  
    Pasti teman-teman akan mengatakan bahwa penemu telepon adalah Alexander Graham Bell dibuat pertama kali di Boston tahun 1876. Tetapi penemu Italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849. Pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh Kongres Ameria. Jadi bukan Alexander Graham Bell

c. Penemu Televisi

 

    Reka cipta televisi dimulai pada tahun 1926 oleh pria asal Skotlandia, John Logie Baird, mendemonstrasikan televisi pertama dimuka umum. Pada saat yg sama, Vladimir Zworykin, warga AS membuat tabung kamera yg lebih canggih, Inilah yg menjadi cikal bakal televisi sekarang. Televisi yang sekarang teman-teman pakai untuk menonto dirumah.

b. Penemu Telegraf

 

    Sebelum alat-alat canggih ditemukan, seperti Telephone,Telegraf dan Komputer ditemukan.. Orang-orang butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mengirim pesan. Penemu Telegraf adalah Samuel Morse. Ia mendapat julukan "Leonardo-nya Amerika", karena selain terkenal sebagai penemu pesawat telegraf dan sandi morse (sandi yang terdiri dari titik dan garis), dia juga merupakan seorang seniman yang ulung dan seorang poliyikus yang handal. Hasil karya seninya tidak dapat menembus zaman. Samuel Morse dilahirkan pada tanggal 27 April 1791 di charlestown,luar kotadari Boston, Massachusetts.

1 komentar: